Dua Minggu di Derawan! Ngapain aja ???

… aku belajar bahwa kebahagiaan itu adalah hal yang sangat sederhana, namun sulit didapatkan. Tetapi di tempat ini, setiap hal yang terjadi, setiap sudut pulau ini selalu memberikanku kebahagiaan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERASore itu langit mendung perlahan menghilang, kapal dengan perlahan membawa kami menuju dermaga hotel tempat dimana kami akan menginap. Dengan mata berbinar aku mengamati penyu yang berenang bebas tanpa rasa takut di dekat dermaga. Pemandangan yang tidak pernah aku lihat sebelumnya. Segera setelah membayar kapal, kami bergegas menuju ke resepsionis untuk konfirmasi pemesanan yang telah kami lakukan melalui telepon satu hari sebelumnya. Perjalanan menuju Derawan lumayan melelahkan, jadi kami sangat ingin segera beristirahat.

Baca disini cara saya menuju ke Pulau Derawan.

BERKELILING PULAU TIDAK BUTUH WAKTU LAMA

Sebenarnya sewaktu di Pulau Derawan tidak banyak hal yang kami lakukan, hanya menghabiskan waktu untuk melakukan beberapa pekerjaan, snorkeling bersama penyu di dekat dermaga dan 2x island hopping ke Maratua, Sangalaki dan Kakaban. Jadi ketika kami bosan di Hotel – kami berdua pergi berkeliling pulau sambil makan siang di salah satu warung.

Pulau Derawan berukuran kecil, berkeliling pulau tidak membutuhkan waktu yang lama. Berjalan di sepanjang pantai dengan pasirnya yang putih dan riak ombak yang tenang membuatku merasakan kedamaian yang memang selalu aku cari ketika mengunjungi pantai. Ahh,,, pantai memang sumber kedamaian. Tak henti-hentinya aku mengambil foto keindahan pantai dari berbagai sudut, mengambil foto batuan karang dan kerang yang tergeletak di pantai, kapal nelayan bahkan kepiting pun tidak lepas dari sasaran tembak kameraku. Dalam waktu dua minggu, sudah ada sekitar 2300 foto yang aku ambil di tempat ini ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Di Pulau Derawan terdapat beberapa dermaga yang menjorok ke laut. Di tempat ini kita bisa mengamati penyu yang sedang mencari makan dan menghabiskan waktu bersama sahabat atau pacar saat senja tiba. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat yang asik untuk foto narsiz ๐Ÿ˜œ

Waktu kami mengunjungi pulau ini, tidak banyak wisatawan asing yang datang karena memang bukan high season. Jujur saja tidak murah dan mudah untuk berlibur ke tempat ini, terlebih bagi traveller yang berangkat sendiri dan tidak begitu suka bergabung dengan trip yang sudah banyak di jual oleh travel agent.

Tidak ada ATM saat itu. Minggu ย pertama uang kami sudah hampir habis ๐Ÿ˜‚. Untungnya masih memiliki sedikit uang asing sebagai back up. Jadi sambil menunggu teman kami datang membawakan bantuan, kami menukarkan uang di bank KalTim yang ada di Pulau ini.

ย AKOMODASI DI PULAU DERAWAN

Dua Minggu di pulau Derawan, kami menginap di tiga penginapan yang berbeda. Hotel pertama yang kami tinggali selama beberapa hari pertama adalah :

Reza Homestay

Kami memesan kamar yang menghadap ke laut dengan fasilitas Ac dan Air Panas. Kopi, teh, gula dan termos berisi air panas selalu tersedia di meja depan kamar setiap hari. Sarapan pagi Roti isi coklat kacang dan terkadang Donat.

Tarif terbaru bisa kalian lihatย http://derawanhomestay.com/Rooms.htm

Phone : 081347955950

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Hampir setiap hari dan tanpa rasa bosan kami menikmati secangkir kopi sambil melihat penyu berenang di bawah dermaga yang kami duduki. Tidak banyak yang menginap di hotel ini. Jadi berasa booking seluruh area hotel untuk diri sendiri ๐Ÿ˜‚.

Barulah ketika weekend tiba, banyak wisatawan lokal yang datang dan di beberapa resort, mereka mengadakan acara hingga tengah malam. Suara music yang cukup kencang terdengar hampir di seluruh area pulau ๐Ÿ˜‚

Di dekat hotel memang tidak banyak terumbu karang, namun berenang bersama penyu yang berukuran besar merupakan pengalaman yang sangat – sangat menyenangkan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Hotel yang selanjutnya kami tinggali adalah

Mirroliz Pelangi Cottage

Warna – warni bangunan hotel sangat menarik perhatian saya saat pertama kali berjalan-jalan di dermaga utama pulau Derawan. Setetelah itu kami memutuskan menginap 3 hari di hotel ini. Karena lokasi yang tidak begitu jauh dari pelabuhan utama – suasana sekitar hotel ramai akan aktivitas nelayan dan kapal penumpang yang berlalu lalang.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tarif hotel lebih mahal dari Reza homestay, namun kualitas hotel berbeda jauh. Kamar mandi sangat sempit dan shower sudah rusak. Tidak ada air panas. Pintu hotel juga rusak. Tapi mau bagaimana lagi, kami sudah terlanjur membayar untuk 3 hari kedepan. Dan bisa dipastikan kalau kami tidak akan extend ๐Ÿ˜‚

Terlepas dari semua fasilitas yang kurang begitu memuaskan. Lingkungan yang lebih ramai menjadi hiburan tersendiri bagi saya.

Bagi pecinta foto human interest, tinggal di hotel ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena setiap hari selalu ada aktivitas nelayan yang bisa kita abadikan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ada tempat bermain untuk anak-anak juga. Setiap pagi menu sarapan hampir sama seperti Reza homestay. Kue Donat dan Roti isi kacang coklat. Dari balconi kamar hotel, kita bisa melompat ke laut dan berenang ย dengan penyu.

Selama tinggal di hotel ini, kami menyempatkan diri untuk berkeliling pulau mencari penginapan lebih bagus, yang nantinya akan kami tempati selama beberapa hari terakhir di Pulau Derawan sambil menunggu teman kami yang akan datang dan kemudian melanjutkan perjalanan kami ke Tarakan.

Phone : 081347315425

Derawan Beach Cafe and Resort

Kami memilih kamar persis di tepi pantai dengan fasilitas air panas dan Ac. Tarif saat itu sekitar 450rb sudah termasuk sarapan dengan menu yang berbeda dari 2 hotel sebelumnya. Di hotel ini ada pilihan menu seperti Nasi Goreng dan Mie Goreng.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Di hotel ini terdapat dermaga panjang dan di ujung dermaga kita bisa snorkeling. Selama saya berenang di beberapa tempat di Pulau Derawan, – tempat ini merupakan salah satu tempat yang bagus untuk snorkeling. Selain penyu, ada banyak terumbu karang dan berbagai macam ikan.

Phone : 081346270001ย

THINGS TO DO DI PULAU DERAWAN

Berkeliling pulau sambil mengabadikan keindahan pulau Derawan. Di pulau ini juga terdapat makam Saba’ani dan beberapa makam lain yang sayang untuk dilewatkan. Kisah menarik tentang siapa Saba’ani ini bisa kalian bacaย disini. Jika malas berjalan kaki, kalian bisa menyewa sepeda untuk berkeliling. Sepeda disewakan di dekat dermaga utama di Pulau Derawan.

Snorkeling dengan penyu adalah sebuah keharusan. Meskipun ukuran penyu ini besar namun mereka terkadangย merasa terganggu dan selalu menghindar ketika kita mendekati mereka. Jadi usahakan berenang dengan jarak yang tidak terlalu dekat dan alangkah baiknya untuk tidak memegang penyu sekedar untuk narsiz agar mereka tidak ketakutan dan terganggu.ย

Island hoping – dengan menyewa kapal dan kemudian mengunjungi :

Pulau Maratua : Melihat indahnya resort dengan jernihnya air laut yang tidak bosan untuk dipandang.

Pulau kakaban : Snorkeling di dekat pulau yang memiliki keindahan terumbu karang dan kemudian dilanjutkan Snorkeling bersama Ubur-ubur di Danau Kakaban.

Pulau Sangalaki : Melihat penangkaran penyu dan ketika laut pasang kita bisa snorkeling bersama Manta Ray

Kawasan Mangroveย : Kita bisa mampir mengunjungi tempat ini setelah selesai trip 3 pulau.

Berenang bersama Hiu Paus – Betapa sedihnya kami karena saat itu kami kurang informasi mengenai hal ini. Jadi tidak sempat berenang bersama hiu Paus di perairan Derawan. mungkin lain kali.

Jadi, itulah hal yangย bisa dilakukan di Derawan. Untuk cerita lebih lengkap mengenai island hoping. Kalian bisa membaca di post selanjutnya.

Dua minggu di Derawan itu waktu yang sangat sebentar. Rasanya ingin sekali kembali kesana, kembali kesana dan kembali lagi kesana. Keindahan Derawan memang tidak ada duanya!