Desa itu bernama “Sawai”

Setelah 3 hari di Ora beach resort, kami berencana untuk berpindah menuju Desa Sawai yang katanya merupakan sebuah desa cantik  dengan penduduknya yang sangat ramah (*dan benar saja!!!). Dari Ora beach kami memutuskan  kembali menuju Desa Saleman dan mengendarai sepeda motor menuju Desa Sawai (*which is really really bad idea). Jarak Desa Saleman menuju Desa Sawai tenyata jauh 😣, kami pikir tidak sampai 30 menit sampai, tapi ternyata lebih dari 3 jam. Hujan dan jalanan yang rusak menambah sulitnya perjalanan kami. Teman baru kami Winnie (yang kami kenal sewaktu tinggal di Ora beach) juga berfikir bahwa kamilah yang akan sampai terlebih dulu di Desa Sawai. Perkiraan yang sama-sama meleset, bahkan dia sampai ketiduran saat menunggu kami tiba. Oh iya, sewaktu melakukan perjalanan darat kami juga melewati wilayah Taman Nasional Manusela  dan berkesempatan bertemu dengan 2 Babi hutan yang sangat besar 😁.

sawai1

Kami menginap di Penginapan Lisar Bahari. The owner Pak Ali, adalah seorang yang super baik & ramah. Sewaktu kami menginap tarif per malam 250rb/orang sudah termasuk Sarapan, Snack, Lunch, Makan Malam dan yang pasti unlimited coffee + tea.

2

Malam pertama menginap, hujan turun deras sekali. Rasanya menakutkan karena suara petir dan angin yang sangat kencang tidak mau berhenti. Alhasil, sewaktu bangun pagi, sandal saya hilang sebelah. Kemungkinan terhempas angin dan terbawa ombak ke tengah samudera 😂

***

sawai

Langit di atas Desa Sawai selalu mendung, hal yang bisa dilakukan adalah  berjalan-jalan berkeliling desa. Banyak sekali anak kecil yang sedang bermain & they’re so adorable ❤❤. Jika di beberapa tempat lain, anak-anak akan merasa malu saat di foto. Tapi disini, mereka malah minta foto berulang-ulang. “Lagi kak, lagi …” Begitu teriak mereka.

img_5106-copy

Pandangan saya kemudian teralih kepada 2 orang anak perempuan yang sedang duduk di depan rumah yang berteriak “e kutu e kutu,,,” mereka nampak bahagia karena akhirnya menemukan kutu 😁 so funny ❤

img_4914-copy

Di Desa sawai menjelang sore, kita bisa main ke Sungai.  Ngapain? Ya lihat orang mandi  gitu deh 😂. Di desa Sawai ini terdapat sebuah sungai dimana warga sekitar biasa mencuci baju atau mandi. Sungai ini sangat unik, karena sepanjang tepian aliran sungai  terpasang keramik tempat dimana mereka bisa  mencuci pakaian.

***

sawai2

Hampir sama seperti ora beach, karena cuaca mendung dan hujan, tidak banyak aktifitas yang bisa di lakukan. Jadilah sepanjang hari ngobrol bersama Winnie (*sebenarnya hanya   mendengarkan saja, karena dia sendiri yang cerita banyak sekali dan tidak berhenti-henti 😁) but he’s really cool. Sampai sekarang dia merupakan salah satu sahabat kami yang paling baik.

sawai4

Karena hujan, air di pantai keruh, tidak bisa melihat dengan jelas ketika snorkeling. Sinyal internet yang lamban membuat kami harus segera berpindah ke destinasi selanjutnya . Kali ini kami memutuskan untuk menyewa kapal agar   mengantarkan kami dan sepeda motor kami kembali menuju ke Desa Saleman, agar kami bisa menghemat waktu , namun Pak Ali memberitahu kami untuk pergi ke desa Sebelah Saleman saja. Karena jalan dari sana jauh lebih bagus dan mudah. Beberapa orang terlihat sibuk mengangkat sepeda motor ke atas kapal.

sawai5

***

Saatnya  berpamitan dengan Pak Ali, sebelum pergi, Pak Ali memberikan banyak sekali pisang. Mungkin dia kawatir kami akan kelaparan sepanjang  perjalanan 😁.

img_5153-copy

Dalam perjalanan, saya melihat tebing tinggi, yang menurut saya hampir mirip seperti di Ko Phi Phi (*serius) 😯. Coba saat itu cuaca cerah. Bisa berhenti sebentar buat snorkeling 😂.

***

Terima kasih pak Ali yang sudah sangat membantu kami selama menginap di Lisar Bahari.

Perjalanan kami lanjutkan ke Masohi.

Informasi :

Saya dengar tarif terbaru sekitar 300,000/orang

Nomor telp. 082111181137

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s