Kota Bangun – Mahakam (STAGE 2)

KOTA BANGUN : Merupakan tujuan kami untuk memulai petualangan menyusuri liarnya sungai Mahakam di Kalimantan Timur. Kota Bangun terletak sekitar 102 km (based on google maps) atau sekitar 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan (Kami menuju Kota Bangun dengan bus dari Terminal Sungai Kujang Samarinda).

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Bus yang kami tumpangi berangkat sekitar pukul 14.00 WITA dan sampai di Kota Bangun sekitar pukul 17.00 WITA. Kami langsung menuju Penginapan yang telah kami pesan ketika kami masih berada di Samarinda. Nama Penginapan tempat kami bermalam adalah Penginapan Mukjizat dengan tarif kamar per malam Rp. 135.000,- (AC, TV, 2 Bed, shared bathroom).
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Di penginapan ini kita bisa menikmati kopi unlimited yang disediakan oleh pemilik penginapan. Jadi kami menikmati kopi sambil ditemani indahnya sunset di langit Mahakam. Kota Bangun sendiri terletak di Kutai Kartanegara, ada 2 ATM (Bank Kaltim dan Bank BRI). Koneksi internet dari Telkomsel lancar jaya ;)) bahkan ketika kami berada di danau Semayang. Ketika malam tiba sepanjang jalan utama sudah ada banyak warung makan yang menjual menu standar seperti Ayam Goreng Lalapan, Nasi Goreng, Bakso dan Sate.

IMG_1039 copy
Di Kota Bangun saya tidak mandi loh karena air di kamar mandi keruh, nampaknya air diambil langsung dari sungai dan saya belum siap untuk itu :”> hihiihihi,,, untunglah saya selalu membawa wet tissue sepanjang perjalanan.

***
Pagi hari hujan turun deras sekali, Pak Udin (pemilik ces sekaligus guide kami) sudah datang ke hotel untuk menjemput kami. Rencana pergi pukul 08.00 pun harus kami undur hingga pukul 11 siang, karena kami harus menunggu hingga hujan benar-benar berhenti. Berikut kontak Pak Udin jika kalian berminat melakukan perjalanan ke Mahakam 085 250 733 351 dengan Tarif Rp.1.000.000/ hari. Kalau dihitung-hitung – harga tersebut jauh lebih Murah daripada kita melakukan trip ke Mahakam melalui travel agent yang memberikan harga sekitar Rp. 9.900.000/orang. Kenapa dari travel agent harganya mahal sekali? Karena mereka menggunakan kapal besar yang memiliki beberapa kamar dan itu sudah termasuk makan serta biaya mengunjungi beberapa tempat wisata di sepanjang sungai Mahakam. Nah, kalau kalian memiliki budget lebih dan malas untuk membuat itinerary sendiri, bisa deh ambil tour dari Travel agent di Samarinda! Semakin banyak orang yang bergabung, maka biaya akan semakin murah per-orangnya ;D

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Alternatif lain untuk mendapatkan ces/ kapal yang bisa mengantar kita menyusuri sungai Mahakam adalah dengan mengunjungi dermaga Kota Bangun. Biasanya setelah turun dari Bus, banyak pemilik kapal yang akan menawarkan jasa mereka.

IMG_1051 copy

Di hari pertama rute yang akan kami lewati adalah Danau Semayang, Danau Melintang, Muara Muntai, kemudian menginap di Rumah Panjang (Long House) Tanjung Isuy. Nanti akan saya ceritakan di blog saya selanjutnya!

Advertisements

One thought on “Kota Bangun – Mahakam (STAGE 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s