How to get to Derawan island – versi saya!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sebenarnya kunjungan ke Kalimantan Timur sudah bulan Oktober tahun 2014 yang lalu, namun belum sempat saya tulis di blog ini. Jadi sekarang saatnya saya akan mencoba mengingat kembali dan menceritakan pengalaman saya menuju Pulau Derawan, Berau – Kalimantan Timur.

Tiket pesawat seperti biasa kami booking dari tiket2[dot]com dengan maskapai Sriwijaya Air. Sriwijaya Air merupakan maskapai bertarif murah yang masih mau memberikan snack on board πŸ˜€ . Dari Yogyakarta kami transit ke Balikpapan terlebih dahulu dan maskapai mengalami delay sekitar 1 jam lebih (Bagi saya, delay itu merupakan fase galau – karena saya sering merasa lapar πŸ˜€ ingin duduk santai dan pesan makan di restoran tapi takut kalau tiba-tiba di panggil untuk boarding). Kemudian berangkatlah kami ke Berau, oh iya perjalanan ke berau hanya sekitar 30 menit saja. Sampai di Bandara Berau sekitar pukul 9 malam dan kami memutuskan untuk bermalam di Berau. Saya tinggal di Rumah Kedaung Guest House dengan tarif sekitar 400k/malam.
Paginya saya dikejutkan oleh gerombolan monyet hitam yang bergelantungan di samping kamar hotel. They’re so cuteee,,,,

IMG_9415 copy

***
Dari Berau kami masih harus melanjutkan perjalanan ke Tanjung Batu yang merupakan pelabuhan penyeberangan ke Pulau Derawan. Angkutan menuju tanjung Batu sangat susah sekali, di buku Lonely Planet dikatakan kalau kita bisa mendapatkan mobil yang bisa membawa kita ke Tanjung Batu melalui terminal bus, namun ketika saya bertanya kepada orang sekitar hotel mengenai lokasi terminal bus, tidak ada satupun yang tahu. Akhirnya setelah browsing dengan koneksi internet yang super lemot saya menemukan kontak pemilik mobil angkutan yang bisa menjemput kami di hotel dan kemudian membawa kami ke Tanjung Batu. Berikut kontak mas Andre 085250468396. Lama perjalanan sekitar 2 jam dengan tarif Rp.100.000/orang.

Dari Tanjung Batu, kita beralih transportasi dengan menggunakan kapal kecil menuju pulau Derawan. Harga kapal Rp. 150.000/kapal. Waktu perjalanan tidak sampai 20 menit. Jangan kaget ya πŸ™‚ transportasi di sini mahal πŸ˜€

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Akhirnya sampai juga di Pulau Derawan. Ketika kapal akan bersandar di Dermaga, saya melihat ada banyak sekali Kura-Kura besar yang berenang di bawah kapal. Ahh,,, kesan pertama begitu menggoda saya! Tunggu cerita saya selanjutnya ya, karena pagi ini saya ada jadwal mengunjungi kantor SAMSAT untuk perpanjang SIM yang sudah expired 2 tahun :O

Advertisements

One thought on “How to get to Derawan island – versi saya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s