KARIMUNJAWA – SURGA DI UTARA PULAU JAWA

Jawa Tengah merupakan sebuah provinsi yang sangat kaya akan potensi wisata. Mulai dari wisata alam, situs bersejarah, hingga kebudayaan beragam yang sangat memukau banyak wisatawan. Salah satu wisata alam yang sangat terkenal dan menjadi primadona bagi pecinta diving atau snorkeling adalah kepulauan Karimunjawa atau wisatawan menyebutnya surga di utara pulau Jawa.

Untuk menuju Karimunjawa kita bisa menggunakan kapal Ferry atau kapal cepat dari pelabuhan Kartini di Jepara atau bisa juga dari pelabuhan Semarang. Bahkan sekarang kita bisa membeli paket wisata dari travel agen secara online, jadi kita tidak perlu mencari hotel dan membuat rencana perjalanan. Yang perlu kita lakukan hanyalah membayar dan berangkat πŸ˜‰

Di Karimunjawa ada beberapa tempat yang bagus untuk dikunjungi, antara lain :

PULAU BURUNG

Pulau Burung merupakan salah satu pulau yang terletak di sebelah Barat pulau Karimunjawa yang bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan dengan kapal. Saat menuju pulau ini kami bertemu dengan sekumpulan lumba-lumba cantik yang sedang berenang.

IMG_2207 copy

CEMARA GOSONG

Merupakan spot favorit saya untuk snorkeling karena terdapat banyak sekali ikan cantik yang akan menemani kita berenang.

DSCN0205 copy

PULAU MENJANGAN BESAR

Pulau Menjangan Besar merupakan pulau yang digunakan untuk penangkaran Hiu dan juga Penyu. Di pulau ini kita bisa berenang dengan hiu berjenis Black Tip Reef Shark. Tidak usah takut karena hiu ini sudah jinak.

IMG_7278 copy

PULAU MENJANGAN KECIL

Di pulau ini juga sangat bagus untuk Snorkeling bahkan menjadi lokasi Diving yang banyak disukai.

DSCN0092 copy

PULAU CEMARA BESAR

Pulau Cemara Besar merupakan sebuah pulau yang harus dikunjungi karena memiliki pantai yang sangat cantik. Di pulau ini kita bisa beristirahat sebelum melanjutkan snorkeling di tempat selanjutnya.

IMG_7219 copy

PULAU CEMARA KECIL

Pulau Cemara Kecil merupakan tempat persinggahan di bagian Barat. Kita bisa membakar ikan sebagai menu makan siang.

IMG_7241 copy

PULAU TENGAH

Terletak di sebelah timur dan biasanya juga sebagai tempat persinggahan untuk makan siang. Pulau Tengah hanya berukuran kecil dan memungkinkan kita untuk berjalan-jalan mengelilingi pulau. Kita juga bisa snorkeling di dekat pulau ini.

IMG_1994 copy

PULAU KECIL

Sesuai dengan namanya pulau ini hanya berukuran kecil dan yang pastinya kita bisa snorkeling di sekitar pulau.

IMG_1888 copy

PULAU GOSONG

Pulau gosong merupakan hamparan pasir putih yang hanya kelihatan jika air surut di bulan tertentu. Sayang sekali sewaktu saya mengunjungi pulau gosong saya tidak bisa melihat hamparan pasir tersebut karena air laut sedang pasang. Kita juga bisa berenang di pulau gosong ini.

IMG_2001 copy

PANTAI UJUNG GELAM

Pantai Ujung Gelam merupakan sebuah pantai di Pulau Karimunjawa yang terkenal dengan pohon kelapa yang menjulur ke Pantai. Terdapat banyak warung yang berjualan di sepanjang bibir pantai, jadi kita bisa membeli kelapa muda sambil menikmati keindahan sunset.

IMG_1846 copy

PANTAI NIRWANA LAUT

Pantai Nirwana sebenarnya adalah pantai yang terletak di kawasan Nirwana Resort Karimunjawa. Pantai berpasir putih ini memiliki suasana yang sangat teduh dan sepi. Jika Anda wisatawan yang memiliki budget lebih, tempat ini bisa menjadi pilihan Anda untuk bermalam.

IMG_7327 copy

PANTAI BARAKUDA

Pantai Barakuda ini terletak sekitar 10 menit dari pelabuhan utama Karimunjawa. Akses jalan menuju pantai Barakuda dari jalan utama masih belum begitu bagus. Dan sekarang sudah ada penginapan besar di dekat pantai Barakuda.

IMG_6989 copy

HUTAN MANGROVE KARIMUNJAWA

Hutan Mangrove terletak sekitar 2 km dari pelabuhan utama Karimunjawa. Kita bisa melakukan trekking dan melihat berbagai macam spesies Mangrove yang ada di hutan ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Itulah daftar tempat yang bisa kita kunjungi ketika melakukan perjalanan ke Karimunjawa versi saya. Sebenarnya masih banyak lagi tempat yang sangat Indah untuk dikunjungi jika saja kita memiliki waktu liburan yang cukup lama seperti mengunjungi Pulau Nyamuk, Pulau Menyawakan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Saya sudah tidak sabar segera mengikuti kelas Diving agar bisa kembali dan menyelami lebih dalam laut Karimunjawa.

Advertisements

9 thoughts on “KARIMUNJAWA – SURGA DI UTARA PULAU JAWA

  1. dulu jaman kuliah kesana, dan sekarang temen mendirikan wisatakita.com πŸ™‚ coba tengok webnya…salam kenal ya mbak..mampir2 lah di blog saya πŸ˜€ #visitjawatengah

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s